Banyak orang yang mencari – cari jenis olahraga mengecilkan perut buncit karena merasa tak nyaman dengan adanya lemak perut yang kelihatan berlebihan.

Namun, sebetulnya tak ada cara yang instan untuk mengecilkan perut yang buncit. Untuk mengecilkannya kita harus menurunkan semua berat badan.

Lemak yang ada di perut memang sangat susah dihilangkan karena lemak itu beda dengan jenis lemak yang lain.

Lemak perut sering susah dihilangkan dikarenakan terdiri dari lemak subkutan serta lemak viseral. Lemak yang bisa kita cubit adalah subkutan yang ada di balik kulit.

Lalu untuk lemak viseral merupakan lemak yang letaknya di sekitar organ dalam kita di dalam dinding perut.

Lemak viseral yang berlebihan bisa meningkatkan risiko kardiovaskular serta kondisi kesehatan lainnya. Karena itu, sangat penting mencari cara menghilangkan lemak perut dengan cara menerapkan pola hidup sehat keseluruhan.

Para ahli gizi juga berkata kalau kita mendapatkan 500 kalori lebih dikit dari asupan kalori harian kita, maka kemungkinan kita bisa menurunkan berat badan 0,5 kg per minggu nya. Walaupun hasilnya berbeda – beda di tiap individu.

Kecepatan dalam mengecilkan pertu yang buncit juga bisa berbeda – beda di tiap orang. Jadi, walaupun jumlah kalori yang dipangkas sama, namun tiap orang dapat menghasilkan penurunan berat badan yang berbeda.

Seiring berjalannya waktu, kita juga harus mengevaluasi kebutuhan kalori kita dalam sehari. Selama ini kita lihat ada banyak sekali pila diet serta olahraga yang mengklain bisa jadi cara mengecilkan perut buncit dalam hitungan hari.

Tetapi, cara tersebut sebenarnya tak realistis dan juga tak sehat. Saat berolahraga, latihan perut memang bisa membantu mengencangkan perut tetapi kita butuh menurunkan berat badan agar lemak perut bisa kecil secara signifikan.

Jadi, akan sangan penting untuk menerapkan pola hidup yang aktif, pola makan yang sehat serta seimbang, hingga mengelola stress. Beberapa olahraga berikut juga bisa mengecilkan perut:

  • HIIT. HIIT merupakan latihan yang durasinya singkat serta ada waktu istirahatnya tetap melibatkan gerakan – gerakan yang lebih intens. Penelitian menunjukkan jika HIIT adalah salah satu olahraga mengecilkan perut buncit karena bisa membantu mengontrol berat badan serta bisa meningkatkan kondisi fisik seseorang. HIIT sendiri juga tak memakan terlalu banyak waktu tapi bisa membantu memompa jantung dan bisa melibatkan otot pada seluruh tubuh. Rutinitas HIIT biasanya meliputi gerakan – gerakan seperti mendorong, menarik, deadlift, squat, hingga membawa beban. Biasanya rutinitas ini akan melakukan aktivitas yang intens selama 3- detik lalu istirahat selama 30 detik setelah dan sebelum lanjut ke aktivitas selanjutnya. Gerakan ini juga bisa diulang beberapa kali agar hasilnya maksimal. Beberapa latihan yang bisa dicoba untuk semua tingkat kebugaran serta usia seperti jumping jack, jump squatm high knee, serta burpee. Lakukanlah 1 aktivitas selama 30 detik lalu beristirahat selama 30 detik. Lanjutkan dengan aktivitas selanjutnya dan beristirahat lagi. Sesudah menyelesaikan semua gerakan, bisa ulangi lagi dari gerakan awal.
  • Latihan Perut. Karena lemak perut menempel di lingkar pinggang serta perut, melakukan beberapa latihan perut bisa membantu menghilangkannya,olahraga mengecilkan perut buncit biasanya membantu mengencangkan serta meratakan perut sambil membantu membakar semua lemak. Beberapa olahraga mengecilkan perut yang buncir juga bisa bagus bagi wanita maupun pria dari semua usia seperti plank 60 detik, abdominal crunch, leg lift, hingga bicycle cruch.
  • Kardio. Kardio adalah salah satu olahraga untuk mengecilkan perut yang buncit serta bisa membakar lemak tubuh secara keseluruhan jika dilakukan minimal 30 menit tiap hari. Lakukanlah olahraga ini dengan teratur. Beberapa penelitian juga mengungkapkan jika latihan kardio ini bisa membantu menghilangkan lemak perut dan juga lemak hati. Ada beberapa latihan kardio yang bisa dijadikan sebagai olahraga untuk mengecilkan perut yaitu bersepeda, mendayung, berenang, lari, jalan cepat, ikut kelas olahraga, dan masih banyak lag. Pilihlah aktivitas kardio yang paling disukai supaya bisa termotivasi menjalaninya dengan rutin.

Itulah beberapa latihan perut yang bisa kalian lakukan. Semoga bermanfaat.