Atletik merupakan sebuah cabang olahraga yang terdiri atas gabungan dari beberapa jenis olahraga fisik misalnya seperti olahraga lari, lompat, lempar, dan jalan. Sekarang ini, atletik menjadi satu di antara olahraga yang paling umum yang dimainkan pada berbagai penjuru dunia.

Atletik sendiri sudah menjadi olahraga yang berskala nasional, bahkan, hampir tiap negara di dunia seringkali terlibat pada perlombaan cabang olahraga itu, tak terkecuali dengan Indonesia. Atletik sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu Athlon yang artinya berlomba atau bertanding.

Atletik sendiri juga punya istilah lain yang berasal dari beberapa bahasa seperti athletuque yang berasal dari bahasa Perancus, athletics yang diambil dari bahasa Inggris, ahtletik yang berasal dari bahasa Jerman, dan athletiek yang diambil dari bahasa Belanda.

Di lain sisi, atletik juga dianggap sebagai olahraga yang cukup sederhana dikarenakan tak butuh banyak perlengkapan serta peralatan yang rumit. Atletik sendiri juga tak butuh banyak biaya kalau mau menekuninya.

Olahraga ini sendiri punya manfaat untuk meningkatkan daya tahan, kekuatan, kelenturan, kecepatan, koordinasi, dan juga berbagai kemampuan biomotorik lainnya.

Ada beberapa jenis olahraga atletik, yaitu:

  • Lari estafet adalah salah satu nomor lari dimana para pelari di dalam sebuah tim akan berlari secarabergantian atau beranting.
  • Jalan cepat merupakan cabang olahraga yang sangat umum diketahui, biasanya diadakan pada jalan raya maupun lintasan lari. Jarak umum perlombaan jalan cepat biasanya berkisar 3000 meter sampai dengan 100 kilometer. Jalan cepat berbeda dengan berlari karena satu kaki harus selalu terlihat menyentuh tanah. Kaki yang digerakkan maju ke arah depan juga harus diluruskan sejak saat sentuhan pertama dengan tanah sampai badan mencapai posisi vertikal.
  • Lari gawang adalah jenis lari cepat sambil melewati rintangan atau gawang pada sebuah ketinggian tertentu (1067 m).
  • Lari jarak pendek adalah cabang olahraga atletik yang menuntut pesertanya untuk berlari dengan secepat serta sekuat mungkin kalau mau memenangkan suatu pertandingan. Jarak tempuh lari jarak pendek adalah 100m, 200m, serta 400m.
  • Lempar cakremlempar cakram merupakan lomba atletik yang memakai benda kayu dengan bentuk seperti piring yang bersabuk besi ataupun bahan lain yang bentuknya bundar pipih untuk dilemparkan.
  • Lari jarak menengah merupakan aktivitas olahraga yang dilakukan dengan cara berlari di jarak tempuh 800 m, 1500 m, dan juga 3000 m. pada cabang olahraga lari itu mengharuskan para pesertanya bisa mengatur kecepatan, stamina, sampai dengan nafas saat berlari.
  • Lempar lembing adalah cabang olahraga atletik yang dilakukan dengan melempar sebuah alat mirip tombak bernama lembing dengan jarak yang sejauh mungkin lalu disertai dengan teknik yang baik dan juga benar.
  • Lari jarak jauh adalah salah satu nomor lari yang mengharuskan para pelarinya untuk punya banyak stamina dan juga kecepatan dalam berlari dengan jarak tempuh 5000 m, 10000 m, dan juga 42.195 km.
  • Lontar Martil adalah ajang kompetisi kekuatan untuk para atlet yang melemparkan martil untuk mendapatkan jarak terjauh
  • Renang adalah usaha untuk menggerakkan atau mengapungkan dan mengangkat semua bagian tubuh ke atas permukaan air, olahraga renang sering kali dilakukan tanpa bantuan atau alat.
  • Tolak peluru adalah menolak bola yang terbuat dari besi maupun semen sejauhnya dengan memakai teknik yang benar serta baik.
  • Lompat tinggi adalah olahraga yang mengharuskan atlet melompat ke atas dengan cara mengangkat kaki ke depan atas dengan maksud untuk membawa titik berat badan setinggi serta secepat mungkin.
  • Lompat jangkit adalah lompat 3 atau biasa disebut juga dengan triple jump dimana para pelompat harus melakukan gerakan step, hop, dan juga jump.
  • Lompat galah adalah melompat setinggi mungkin menggunakan alat yang berupa tongkat
  • Lompat jauh adalah olahraga yang menuntut atlet melompat ke depan dengan membawa titik berat selama mungkin pada udara atau melayang di udara, olahraga ini harus dilakukan cepat pada saat melakukan tolakan di suatu kaki agar bisa mencapai jarak sejauh mungkin.

Itulah penjelasan mengenai olahraga atletik, semoga bermanfaat.