Olahraga kardio atau aerobik adalah salah satu jenis olahraga yang bisa memicu detak jantung serta memompa darah dengan lebih cepat. Ada berbagai gerakan di dalam olahraga kardio yang akan merangsang denyut jantung serta bisa meningkatkan laju pernapasan.

Jenis olahraga yang satu ini juga diketahui bisa membantu mengalirkan lebih banyak oksidegn ke dalam tubuh jadi jatung serta paru – paru kesehatannya akan terjaga.

Kalau otot jantung serta paru – paru sama kuatnya, maka pembuluh darah bisa mengalirkan darah yang mengandun oksigen yang lebih banyak serta lebih cepat ke dalam sel – sel di dalam otot.

Olahraga kardio sendiri merupakan olahraga yang gerakannya berulang – ulang namun dilakukan secara teratur dalam jangka waktu tertentu. Misalnya seperti jalan kaki, lompat tali, jogging, sampai dengan bersepeda.

Biasanya, sebuah aktivitas fisik terbilang sebagai kardio kalau dilakukan minimal selama 10 menit sehari.

Namun, pada kondisi pandemi sekarang, kalian juga bisa melakukan olahraga kardio di rumah. Beberapa olahraga yang bisa dilakukan adalah:

  • Jumping jacks dilakukan dengan cara berdiri tegak lalu lompat dengan membuka kedua kaki ke samping. Di saat yang bersamaan, angkat kedua lengan sampai ke atas kepala lalu membentuk huruf V. Ulangi gerakan itu selama 60 detik.
  • Jogging di tempat dilakukan dengan cara berdiri secara tegak dengan kaki dibuka sejajar dengan bahu. Lalu, angkat tungkai kaki seperti saat sedang berlari. Lalu, ulangi gerakan ini selama 60 detik.
  • Mountain climbers bisa dilakukan dengan merebahkan tubuh dalam posisi push up serta angka tubuh sejajar dengan lengan. Lalu, tarik lutut kanan ke arah dada dan kembalikan lagi ke posisi semula. Ulangi dengan sisi kaki lain lalu lakukan bergantian selama 60 detik.
  • Lompat tali bisa dilakukan kapan pun dan dimana pun. Jika dilakukan dengan betul maka lompat tali 20 menit sehari bisa membakar kurang lebih 220 kalori.

Melakukan pemanasan serta pendinginan sebelum dan sesudah kardio juga penting karena pemanasan bisa menyiapkan tubuh berolahraga serta bisa mengurangi risiko cedera.

Sedangkan pendinginan bisa membuat denyut jantung serta tekanan darah memulih perlahan – lahan. Olahraga kardio sendiri pastinya memiliki manfaat, seperti:

  • Menyehatkan paru – paru serta sirkulasi darah. Olahraga aerobik, apalagi berenang bisa membantu tubuh kita memakai oksigen dengan lebih efisien. Jenis olahraga kardio ini juga akan memantau peningkatan kontrol gula darah, mengurangi stres di organ vital, dan juga mengurangi risiko diabetes tipe 2. Olahraga ini akan membantu meningkatkan kadar kolestrol baik sekaligus bisa menuruni lemak darah. Jenis olahraga yang satu ini juga bisa membantu mengurangkan kelelahan sekaligus sesak nafas di masalah paru – paru kronis. Selain itu, olahraga kardio diketahui masih punya banyak manfaat lainnya seperti membentuk otot, memperbaiki suasana hati, sampai dengan membuat kualitas tidur serta energi jadi naik. Bisa juga menyehatkan saluran cerna, memperbaiki kolestrol, sampai membuat kulit terlihat lebih segar.
  • Menyehatkan otak dan persendian. Latihan kardio ini juga punya manfaat untuk menyehatkan otak serta persendian. Penelitian membuktikan olahraga kardio bisa mengurangi risiko demensia. Manfaatnya antara lain bisa meningkatkan aliran darah lalu menurunkan risiko terkena stroke, mencegah penurunan fungsi otak seiring bertambahnya usia, melawan osteoporosis serta mengurangi kemungkinan patah tulang pinggul, meningkatkan daya ingat dan kemampuan berpikir, membantu melindungi diri dari Alzheimer, lalu membantu mengatasi ketidaknyamanan artritis serta mempertahakan rentang gerak sendi.
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Penelitian membandingkan antara pesepeda amatir yang berusia 55 – 79 tahun dengan orang yang usianya sama dengan yang tak pernah olahraga lalu ada perbedaan yang sangat signidikan. Kelompok pesepeda itu punya massa otot lebih kuat derta lebih sedikit lemak tubuh di dalamnya. Mereka juga jadi kelihatan lebih sehat dan imunnya lebih bagus.

Itulah beberapa jenis olahraga kardio serta apa saja manfaatnya yang bisa kita dapatkan jika kita melakukan olahraga ini secara teratur setiap harinya. Jangan lupa untuk diimbangi dengan makan yang sehat juga. Semoga bermanfaat.