Banyak perempuan yang mau paha ramping agar merasa lebih pede dengan penampilan mereka. mendapatkan hal ini sebetulnya tidak sulit karena ada banyak pilihan olahraga yang bisa membantu mengecilkan paha.

Ada satu jenis gen bernama KLF14 yang perannya sangat penting untuk mengatur pembagian lemak pada tiap bagian tubuh wanita.

Beda varian gen ini di tiap tubuh wanita bisa membentuk tubuh wanita. Misalnya kalau bentuk tubuhnya seperti buah pir biasanya identik dengan ukuran paha yang lebih besar.

Tetapi, jika melakukan latihan fisik serta diet yang tepat, kalian pasti akan bisa mengurangi lemak serta bisa mengencangkan otot – otot tubuh termasuk pada area paha. Dengan latihan fisik serta diet yang tepat juga, tubuh bisa jadi lebih sehat dan bisa meminimalisir risiko terkena penyakit berbahaya.

Pilihan olahraga atau latihan fisik yang bisa membantu mengecilkan paha juga beragam adanya, seperti:

  • Two third jump squat, adalah latihan yang bisa mengerahkan otot sampai dengan potensi maksimalnya dengan waktu yang singkat. Jump squat juga bisa melatih kekuatan otot paha depan, pinggul, paha belakang, serta bokong. Langkah pertama adalah dengan berdiri dengan posisi kaki direntangkan sejajar dengan bahu lalu taruh lengan di samping tubuh. Turunkan badan seperti posisi squat. Saat tubuh hampir jongkok, lompat sambil mengangkat kedua lengan ke atas. Lalu saat mendarat posisikan tubuh seperti semula.
  • Tradisional squat. Squat ini adalah jenis squat yang paling dasar serta bisa dilakukan di mana saja. jenis olahraga ini manfaatnya adalah untuk mengecilkan paha dan juga mengencangkan otot paha di bagian dalam. Squat ini bisa dilakukan dengan memakai beban maupun tidak. Langkahnya adalah dengan berdiri tegak dan membuka kaki sejajar dengan baju lalu rentangkan kedua tangan ke bagian depan, Tarik napas dalam supaya itit perut mengencang, tekuk kedua kaki lalu turunkan badan dan dorong bokong ke arah belakang pelan pelan sampai terlihat seperti akan duduk, pastikan jika punggung serta bahu tetap lalu tahan posisi ini sebentar dan buang napas perlahan – lahan, setelah itu angkat lagi tubuh kalian perlahan sampai kembali ke posisi awal. Lakukan gerakan ini sebanyak 3 set dengan 12 – 15 kali pengulangan. Jika sudah terbiasa dengan latihan ini, coba tambahan beban dumbbell pada tangan.
  • Pile Squat. Merupakan gerakan dasar yang biasanya diterapkan di balet, jika dikombinasikan dengan squat, maka gerakan ini bisa membantu mengaktifkan otot – otot paha pada bagian dalam. Cara melakukan gerakan ini yang tepat adalah dengan berdiri dan posisi kaki terbuka sedikit lebar dari bahu. Pastikan jari – jari kaki menghadap luar. Angkat dan luruskan kedua tangan ke depan. Jongkok perlahan sampai sudut lutut membentuk 90 derajat dengan tetap mempertahankan posisi tangan, lalu berdiri lagi seperti awal. Ulangi gerakan ini lalu lakukan selama 1 menit.
  • Lunges. Lunges adalah latihan fisik yang manfaatnya untuk menguatkan tubuh bagian bawah seperti bokong, paha, serta betis sehingga gerakannya bisa membantu mengecilkan paha. Lunges sendiri punya gerakan dengan berdiri dengan posisi kaki terbuka selebar bahu, lalu langkahkan salah satu kaki agak jauh ke depan sembari menurunkan badan sampai lutut membentuk sudut 90 derajat, tahan gerakan ini selama beberapa detik lalu berdiri tegak. Sesudah satu gerakan selesai, lakukan hal yang sama di kaki lainnya. Sebaiknya lakukan 3 set dengan 10 – 12 kali pengulangan di tiap kaki.
  • Wall Squat. Wall Squat merupakan salah satu jenis squat yang paling mudah dan mirip dengan tradisional squat jadi akan sanat cocok untuk dilakukan oleh para pemula. Latihan ini bisa membangun kekuatan isometrik serta bisa membantu melatih otot paha depan hingga bagian betis. Latihan ini bisa dilakukan dengan gerakan menyandarkan punggung ke dinding lalu merentangkan kaki sejajar dengan bahu. Setelah itu, turunkan badan seperti posisi tradisional squat sampai lutut membentuk sudut 90 derajat lalu tahan posisi ini 20 – 60 detik, pastikan juga punggung tetap bersandar di dinding lalu berdiri lagi seperti posisi semula secara perlahan. Ulangi wall squat ini sebanyak 3 – 10 kali.

Itulah berbagai olahraga yang bis amengecilkan paha. Semoga bermanfaat.