Keamanan dan juga kualitas dari jananan anak yang biasanya dijual di tiap sekolah kadang – kadang memang membuat orangtua jadi khawatir. Tetapi, kalau melarang anak untuk sama sekali gak jajan rasanya sedikit gak mungkin dan sedikit jahat. Karena bisa saja anak mendapat pengaruh dari teman – temannya. Selain itu, jajanan juga menyumbang sekitar 36 persen dari total energy yang dikonsumsi oleh anak. Agar makanan yang dimakan oleh mereka terjamin aman, biasanya anak akan dibawakan bekal makanan yang dibuat dirumah. Tapi, kalau ini juga rasanya tak mungkin, kalian bisa ajarkan kepada mereka bagaimana cara mereka bisa kenal dan bisa memilih jajanan yang aman serta sehat. Lalu, bagaimana caranya? Yuk simak di bawah.

1.Komposisi

Komposisi

Jadilah konsumend an pembeli yang pintar. Caranya? Bacalah dengan teliti tentang kandungan bahan makanan yang ada. Kalau kalian mau beli produk yang impor, maka pastikan dulu kalau produk tersebut sudah terdaftar serta sudah punya izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan. Hal ini bisa kalian ketahui loh. Caranya adalah dengan lebih cermat melihat komposisi yang ada di dalam tiap label kemasan barang yang mau kalian beli.

2.Hindari Makanan Berwarna Mencolok

Hindari Makanan Berwarna Mencolok

Hindarilah makanan yang warnanya terlalu mencolok atau beda jauh dari warnanya yang asli. Misalnya seperti mi, kerupuk, snack, serta es kirm yang warnanya terlalu mencolok atau terang biasanya kemungkinan sudah diberikan zat pewarna yang sudah pasti gak aman untuk mereka.

3.Aroma

Aroma

Bau apek atau tengik biasanya menjadi tanda kalau makanan tersebut telah rusak. Biasanya kerupakannya karena sudah terlalu lama dan kemasukkan angina. Hal ini bisa membuat makanan jadi terkontaminasi dengan mikroorganisme yang sudah pasti gak akan baik untuk tubuh loh.

4.Tekstur

Tekstur

Tekstur makanan bisa memberikan tanda tentang segar tidaknya makanan. Kalau makanan warnanya sudah berubah apalagi sudah berjamur, maka artinya produk itu sudah kadaluarsa. Jangan sampai memakan atau mengonsumsi produk yang sudah kahaluarsa ya karena bisa menimbulkan masalah kesehatan yang cukup serius loh.

5.Cicipi

Cicipi

Makanan yang gak aman biasanya rasanya tajam. Contohnya terlalu gurih dan membuat lidah bergetar. Lidah kita juga bisa loh dengan jeli membedakan makanan mana yang tidak aman dan yang aman. Jadi, gunakan indra lidah kalian dengan baik untuk membedakan makanan mana yang sehat dan mana yang tidak ya.

Itulah berbagai tips serta cara yang bisa kalian lakukan untuk memilih makanan mana yang baik untuk kalian dan mana yang tidak terutama dalam hal jajanan. Jajanan memang enak, namun kalau bisa membuat kita sakit tentu gak akan nyaman kan. Semoga bermanfaat.